Minggu, 19 September 2010

Memastikan Kebiasan Yang Teratur Buat Melatih Kedisiplin
oleh Supriyanto pada 21 Agustus 2010 jam 9:28

Manusia sangatlah rentang terhadap peraturan. Karena terkadang kita begitu menyepelekan sesuatu hal hal yang kecil. Maka belajar terhadap hal hal yang kecil dikeseharian akan mampu mencuatkan dorongan yang selalu kosisten terhadap peraturan.

Kelemahan paling menonjol dari manusia adalahnya cepat bosan dan mudahnya melupakan hal hal yang dianggap sepele. Padahal dari hal yang kecil inilah kita seakan menjadi pemalas. Mungkin orang akan mudah mengikuti suatu peraturan jika peraturan itu ada sangsi yang tegas.

Belajar janji pada diri sendiri adalah janji orang yang memiliki karakter mental kuat dan tidak mudah goyah. Tapi terkadang janji pada diri sendiri sulit dilaksanakan karena terkadang berubah alur mencari simpati atau empati terhadap orang lain. Dan terkadang begitu mudahnya percaya pada orang dibanding kepada diri sendiri.

Baik pada diri kita sesungguhnya adalah baik pada orang lain. Mengapa? Tentu saja dengan mau menegok agar diri kita tidak disinggung orang tentunya kita akan ingat apa jadinya bila kita. Bentuk lemahnya kita adalah agar tidak kesepian atau agar ada dukungan atau dorongan dari luar. Padahal semua yang kita lakukan adalah kembali pada diri kita sendiri.

Kembali kekebiasan adalah watak atau karakter kepribadian kita. Tentunya kitalah yang sesungguhnya tahu diri kita. Karena pasti hati kita akan tetap ada sisi kebaikan walau entah apa itu. Keraguanlah yang terkadang mudahnya kita terhasut. Maka biasakanlah tenang ataupun realistis terhadap diri. Maka pelan kitapun akan terbiasa bergaya hidup yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar