Minggu, 19 September 2010

Kajian Diri: Membuat Tekanan Agar Memacu Daya Pikir
oleh Alang Alang Kumitir pada 19 Agustus 2010 jam 13:19
Kita dalam berpikir tentunya perlu hal untuk memaksimalkan daya pikir tersebut. Keadaan yang terkadang sulit kita ketahui kemampuan kita. Mengasah dan mencari tahu adalah hal yang perlu agar kita mampu memaksimalkan kerja otak.

Dari hal inilah kita harus menyusun proses dari hal yang terkecil agar kemampuan kita meningkat. Seperti impian impian membutuhkan juang, bentuk berpikir tentang strategilah tentunya akan diawali atau dimulai. Membuat dorongan atau tekanan tentunya akan membuat daripada kedewasaan meningkat. Maka perlu tahu bagaimana mewujudkan dorongan agar menjadikan kemajuan.

Disini ada beberapa kiat membuat dorongan tersebut, seperti:

1. Membuat suatu hal dengan tanggung jawab.

Dari tanggung jawab inilah kita dapati daripada bentuk agar berhati hati. Karena dengan tanggung jawab semua akan dapat dijadikan hal yang mengikat. Bentuk inilah yang selalu membuat ketepatan dalam bertindak.

2. Membuat atau membentuk suatu hal dengan memberikan tujuan pasti.

Disini ku gambarkan seperti keadaan kita inginkan sesuatu. Misalkan kita kredit motor ataupun diwujudkan dalam hal lain. Kitapun akan bersemangat dan berjuang agar keinginan kita tidak gagal.

3. Melatih tatanan hidup dengan membuat peraturan pada diri sendiri.

Coba kau pikirkan bila ku begini maka apa yang akan didapat. Bila mampu membuat peraturan tentunya banyak hal yang baik dapat diwujudkan. Dari dimana menata waktu untuk aktivitas seperti menggunakannya semaksimal mungkin.

4. Belajar kerja keras.

Tentunya terkadang manusia manja atau suka menggantungkan pada orang lain. Disini tentunya kitakan malas termanja oleh keterikatan. Bagaimana bisa kita belajar mandiri atau dewasa, jika keadaan selalu diberi suap oleh orang lain. Dari bentuk ini coba berani membuat hal hal dari keseharian menjadi tanggung jawab diri sendiri. Misalkan saja dari nyuci baju, merapikan kamar dan terus ditingkatkan.

5. Berpikir terhadap apa yang kita perbuat demi keluarga.

Coba kamu pikirkan jika sukses tentunya keluarga akan senang. Hidupmu akan lebih berarti, tapi coba pikirkan jika gagal kau dianggap termanja bodoh apa mau.

6. Belajar malu terhadap keadaan.

Tentunya kamu akan dapatkan dimana titian titian agar kita dipandang. Maka dengan ini kamu akan takut bila dianggab buruk.

7. Membuat tantangan diri.

Mengambil resiko adalah suatu tekananan yang kadang ditakuti manusia. Seperti menggambarkan didunia gamer ditembak mati, nanti bisa kau start ulang lagi.

Keadaan keadaan inilah yang akan membuat daya pikir atau pandang kita lebih meningkat. Kadang tekananan memang tidak perlu kita cari karena hal ini datang seiring waktu. Hanya mental kita yang jadi penentu penanganan masalah masalah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar